-

Home » » Area Kerja Microsoft Excel

Area Kerja Microsoft Excel

Written By Mahmud Payu on Rabu, 16 Januari 2013 | 16.19


Microsoft Excel merupakan salah satu program aplikasi pengolah angka, atau
sering  disebut  lembar  kerja  ( spreadsheet)  dibawah  sistem operasi Windows termasuk didalam kelompok Microsoft Office. Versi  yang  masih  digunakan  antara  lain Microsoft Excel 97, 2000, XP, 2003 dan yang terbaru adalah versi 2010.      Versi Program Excel yang digunakan sebagai panduan  dalam pembelajaran  ini adalah Microsoft Excel  2003
Aplikasi Microsoft Excel banyak digunakan untuk keperluan sbb :
  • membuat berbagai bentuk lembar kerja
  • melakukan  perhitungan(statistik,matematika,keuangan,dsb)
  • mengolah, menganalisis, dan mempresentasikan data
  • membuat grafik
  •  pengolahan database

Selain Microsoft Excel,terdapat pula aplikasi lain untuk pengolah angka antara lain :Lotus 123 for Windows,Quattro-Pro,StarOffice Calc (OpenOffice),Gnumeric (Gnome),Siag (Scheme In A Grid) ,KSpread ,abs ,xxl
 
Mengaktifkan aplikasi Microsoft Excel :
1.      Melalui menu Start
-       Klik Star
-       Sorot All programs
-       Pilih Microsoft Office
-       Klik Microsoft Excel  2003
2.      Melalui Desktop
-       Klik dua kali shortcut Excel pada desktop
3.       Melalui Jendela Run
-      Klik menu start
-      Klik Run
-      Ketik excel pada kotak open
-      Klik OK

1.      Title bar, menampilkan nama aplikasi dan judul lembar kerja
2.      Menu Bar(menu pull-down), berisi sederetan menu yang dapat digunakan, dimana setiap menu mempunyai sub menu masing-masing sesuai dengan fungsi dari menu induknya.
Menu ini dapat dipilih dengan mouse atau menggunakan tombol kombinasi ALT+huruf menu yang bergaris bawah secara bersamaan. Misalkan kita akan memilih menu File, maka tekanlah tombol ALT+ F.
3.      Toolbar, adalah kumpulan ikon-ikon(perintah dalam bentuk gambar) yang digunakan untuk memilih dan menjalankan perintah dengan cepat dan mudah.  Secara default toolbar ini yang aktif adalah Toolbar Standar dan Toolbar Formatting.Selain itu terdapat pula Toolbar Drawing dan toolbar yang lain yang dapat ditampilkan dan disembunyikan dengan cara : Klik menu View,Pilih Toolbar,klik nama toolbar yang akan ditampilkan atau disembunyikan.
4.      Formula Bar, berfungsi untuk menampilkan rumus,memasukkan dan memperbaiki rumus yang buat
5.      Name Box,berfungsi menampilkan nama sel yang aktif
6.      ControlMenu,berfungsi mengatur tampilan jendela Excel;Minimize berfungsi memperkecil tampilan jendela Excel,Restore/Maxmize berfungsi mengembalikan/memaksimalkan tampilan jendela  Excel,Close berfungsi untuk keluar dari program Excel.
7.      Tab Worksheet,berfungsi untuk pindah antar lembar kerja.Secara default terdapat 3 sheet(sheet1,sheet2,sheet3)
8.      TaskPane,adalah jendela yang terletak disebelah kanan lembar kerja,yang berfungsi untuk melakukan perintah-perintah tertentu seperti : membuka lembar kerja,membuat lembar kerja baru  dsb.
9.      Scrollbar terdiri dari scrollbar horizontal (menggulung layar secara mendatar) dan scrollbar vertical (menggulung layar secara tegak)
10.  Pointer berfungsi sebagai penunjuk sel.Pada saat pertama kali Microsoft Excel dibuka,posisi pointer terletak pada sel A1.
11.  Status Bar, berfungsi untuk menampilkan informasi yang ada hubungan dengan worksheet dan kondisi keyboard .
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar

Popular Post

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. TIK SMA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger