Pada saat pertama kali microsoft excel di buka,lembar kerja baru sudah tersedia dengan banyaknya sheet secara default 3 sheet (sheet1,sheet2 dan sheet3) yang tergabung dalam lembar kerja Book1.
Lembar kerja excel terdiri dari baris yang diberi nomor 1,2,3,...65.536 dan kolom yang dimulai dari huruf A,B,C,....IV(sebanyak 256 kolom).Perpotongan antara baris dan kolom dinamakan sel,contoh A10 adalah sel yang terdapat di baris ke 5 kelom A.Gabungan beberapa sel yang berdampingan disebut range, misalnya range A1:B7 adalah kumpulan sel dari A1 sampai dengan B7.Penunjuk sel disebut dengan pointer.Pada saat pertama kali microsoft di aktifkan,pointer terletak pada sel A1.
Untuk berpindah dari satu sel ke sel lain,kita dapat menggunakan mouse yakni dengan cara mengklik sel yang di tuju.
Apabila menggunakan keyboad,maka dapat digunakan tombol-tombol seperti yang dicantumkan pada tabel berikut :
- pilih Menu File lalu klik New (Ctrl+N)
Setelah selesai membuat lembar kerja,simpanlah dengan cara sebagai berikut :
- Pilih Menu File,klik Save ( ctrl + N )
- Pada kotak dialog yang muncul:
- Ketik nama file di kotak File Name(secara default ekstensinya .xls)
- Tentukan folder tempat menyimpan(secara default disimpan di my document)
- Klik tombol Save atau tekan tombol Enter
Jika ingin menyimpan dengan nama lain gunakan Menu File- Save As
Menutup lembar kerja :
Setelah lembar kerja selesai di kerjakan maka untuk menutupnya dapa digunakan cara sebagai berikut :
- Pilih Menu File lalu klik Close, atau tekan Ctrl + F4 atau klik tombol close windows(X).
Untuk menutup Program Excel dapat dilakukan dengan cara; Klik Menu File- Exit,atau tekan tombol Alt+F4 atau klik tombol Close disudut kanan atas jendela microsof excel.
0 komentar:
Posting Komentar
Komentar