fungsi yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.
Kategori fungsi yang disediakan antara lain :
- Fungsi Financial. Untuk mengolah data keuangan ( 16 fungsi )
- Fungsi Date & Time. Untuk mengolah data tanggal dan waktu ( 14 fungsi ).
- Fungsi Math & Trig, untuk mengolah data matematika dan trigonometri ( 50 fungsi)
- Fungsi Statistical, untuk mengolah data statistik ( 80 fungsi ).
- Fungsi Lookup dan Reference, untuk mengolah data berdasarkan tabel & data referensi ( 17 fungsi ).
- Fungsi Database, untuk mengolah database ( 12 fungsi ).
- Fungsi Text, untuk memanipulasi teks ( 23 fungsi ).
- Fungsi Logical, untuk pengolahan data yang memerlukan pilihan pilihan logika ( 6 fungsi ).
- Fungsi Information, untuk mendapatkan informasi pada sel atau range ( 15 fungsi ).
Berikut ini merupakan fungsi dasar yang sering digunakan dalam aplikasi Excel.
1. SUM
Digunakan untuk menjumlahkan data pada range tertentu. Penulisan rumus nya adalah : =SUM(range)
2. AVERAGE
Digunakan untuk menghitung nilai rata – rata dari data pada range tertentu. Penulisan rumusnya adalah : =AVERAGE(range)
3. COUNT
Digunakan untuk menghitung jumlah data pada range tertentu. Penulisan rumusnya adalah :
=COUNT(range)
4. MAX / MIN
Digunakan untuk mengitung nilai maksimun atau minimum dari data pada range tertentu. Penulisan rumusnya adalah : =MAX(range) atau =MIN(range)
5. SUMIF
Digunakan untuk menjumlahkan data dengan kriteria tertentu. Penulisan rumusnya adalah :
=SUMIF(range kriteria;kriteria;range data)
6. COUNTIF
Digunakan untuk menghitung jumlah data dengan kriteria tertentu. Penulisan rumusnya adalah :
=COUNTIF(range kriteria;kriteria)
7. IF
Digunakan untuk menentukan keputusan berdasarkan kondisi tertentu. Menggunakan nilai True jika kondisi benar (terpenuhi) dan False jika kondisi salah (tidak terpenuhi). Penulisan rumusnya adalah :
=IF(kondisi;nilai jika kondisi benar;nilai jika kondisi salah)
8. Vlookup
Digunakan untuk mengisi data berdasarkan data pada tabel lain atau tabel referensi yang disusun berdasarkan kolom / memanjang ke bawah secara vertikal. Penulisan rumusnya adalah :
=VLOOKUP(nilai kunci; tabel referensi; nomor index kolom; tipe).
9. Hlookup
Digunakan untuk mengisi data berdasarkan data pada tabel lain atau tabel referensi yang disusun berdasarkan baris / memanjang ke samping secara horizontal. Penulisan rumusnya adalah :
=HLOOKUP(nilai kunci; tabel referensi; nomor index kolom; tipe).
10.Fungsi Teks
Digunakan untuk mengambil sebagian data teks dari suatu cell. Ada 3 buah fungsi teks yang umum digunakan, yaitu LEFT, RIGHT dan MID, perbedaannya dapat dilihat pada tabel berikut :
0 komentar:
Posting Komentar
Komentar