-

Home » , » Fungsi dalam Excel

Fungsi dalam Excel

Written By Mahmud Payu on Minggu, 04 Mei 2014 | 15.04

Sebagai sebuah pengolah angka yang canggih, Excel 2003 menyediakan bermacam macam
fungsi yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.
Kategori fungsi yang disediakan antara lain :
  • Fungsi Financial. Untuk mengolah data keuangan ( 16 fungsi )
  • Fungsi Date & Time. Untuk mengolah data tanggal dan waktu ( 14 fungsi ).
  • Fungsi Math & Trig, untuk mengolah data matematika dan trigonometri ( 50 fungsi)
  • Fungsi Statistical, untuk mengolah data statistik ( 80 fungsi ).
  • Fungsi Lookup dan Reference, untuk mengolah data berdasarkan tabel & data referensi ( 17 fungsi ).
  • Fungsi Database, untuk mengolah database ( 12 fungsi ).
  • Fungsi Text, untuk memanipulasi teks ( 23 fungsi ).
  • Fungsi Logical, untuk pengolahan data yang memerlukan pilihan pilihan logika ( 6 fungsi ).
  • Fungsi Information, untuk mendapatkan informasi pada sel atau range ( 15 fungsi ).
Fungsi Dasar
Berikut ini merupakan fungsi dasar yang sering digunakan dalam aplikasi Excel.

1. SUM
Digunakan untuk menjumlahkan data pada range tertentu. Penulisan rumus nya adalah : =SUM(range)
 
2. AVERAGE
Digunakan untuk menghitung nilai rata – rata dari data pada range tertentu. Penulisan rumusnya adalah : =AVERAGE(range)
 
3. COUNT
Digunakan untuk menghitung jumlah data pada range tertentu. Penulisan rumusnya adalah :
=COUNT(range)
 
4. MAX / MIN
Digunakan untuk mengitung nilai maksimun atau minimum dari data pada range tertentu. Penulisan rumusnya adalah : =MAX(range) atau =MIN(range)
 
5. SUMIF
Digunakan untuk menjumlahkan data dengan kriteria tertentu. Penulisan rumusnya adalah :
=SUMIF(range kriteria;kriteria;range data)
 

6. COUNTIF
Digunakan untuk menghitung jumlah data dengan kriteria tertentu. Penulisan rumusnya adalah :
=COUNTIF(range kriteria;kriteria)
 
7. IF
Digunakan untuk menentukan keputusan berdasarkan kondisi tertentu. Menggunakan nilai True jika kondisi benar (terpenuhi) dan False jika kondisi salah (tidak terpenuhi). Penulisan rumusnya adalah :
=IF(kondisi;nilai jika kondisi benar;nilai jika kondisi salah)
 

8. Vlookup
Digunakan untuk mengisi data berdasarkan data pada tabel lain atau tabel referensi yang disusun berdasarkan kolom / memanjang ke bawah secara vertikal. Penulisan rumusnya adalah :
=VLOOKUP(nilai kunci; tabel referensi; nomor index kolom; tipe).
clip_image002

9. Hlookup
Digunakan untuk mengisi data berdasarkan data pada tabel lain atau tabel referensi yang disusun berdasarkan baris / memanjang ke samping secara horizontal. Penulisan rumusnya adalah :
=HLOOKUP(nilai kunci; tabel referensi; nomor index kolom; tipe).
clip_image004

10.Fungsi Teks
Digunakan untuk mengambil sebagian data teks dari suatu cell. Ada 3 buah fungsi teks yang umum digunakan, yaitu LEFT, RIGHT dan MID, perbedaannya dapat dilihat pada tabel berikut :
clip_image006clip_image008clip_image010
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar

Popular Post

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. TIK SMA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger